Penilaian Tengah Semester Genap 2017-2018

Penilaian Tengah Semester Genap 2017-2018

Darul Mujahadah - Kegiatan Penilaian Tengah Semester sedang berlangsung di Darul Mujahadah baik tingkat MTs dan MA. PTS ini dimulai pada hari Sabtu (10/3) sampai dengan hari Sabtu (17/3). Ujian dimulai pukul 07.30 s.d 09.00 untuk jam pertama, pukul 09.20 s.d 10.40 untuk jam kedua, dan pukul 11.00 s.d 12.20 untuk jam ketiga. Kemudian apa fungsi dan pentingnya Ulangan Tengah Semester atau PTS ini bagi santri dan guru?

1.    Memantau dan mengukur penguasaan santri terhadap materi pelajaran

PTS dilaksanakan di pertengahan semester. Santri telah mengikuti beberapa konsep, pokok bahasan pelajaran di semester itu. Bagi guru, ujian ini berfungsi untuk memantau sejauh mana penguasaan santri terhadap konsep atau pokok bahasan yang sudah dipelajari tersebut.

2.    Motivasi belajar bagi santri

Dengan adanya Penilaian Tengah Semester atau PTS, santri akan termotivasi untuk selalu belajar dan tidak menumpuk materi pelajaran untuk diulang di asrama.  Otomatis ujian ini akan mengikis kebiasaan santri untuk merapel dalam mengulang materi pelajaran.

3.    Menentukan nilai rapor semester

Fungsi PTS tak kalah pentingnya dengan ujian-ujian lainnya. Karena ujian ini ikut menentukan hasil akhir nilai rapor semester atau rapor kenaikan kelas. Setiap Madrasah telah memberikan patokan sekian persen bobot nilai PTS. Jika prosentase bobot Penilaian Tengah Semester besar, maka santri harus mendapatkan nilai yang lebih baik untuk membantu nilai rapot untuk kenaikan kelasnya.

Dengan adanya Penilaian Tengah Semester yang dilaksanakan secara serentak baik di MTs dan MA Darul Mujahadah Prupuk Margasari Tegal maka miliu belajar santri tercipta ketika di malam hari. NZ


Bagikan Post


Komentar

    Belum Ada Komentar


Tambahkan Komentar

Profil
Kategori
Event Terdekat

Testimonial

Pengalaman mengenyam pendidikan di Ponpes DM tdk akan pernah saya lupakan seumur hidup. Pendidikan ...

- Ceria Falah -

Bagus sekali, gurunya baik-baik, pengajarnya berkompeten. Terima kasih MA Darul Mujahadah....

- Sunarto -

Bersyukur telah mengenal Darul Mujahadah. Semoga bisa turut mengabdi untuk kemajuan Islam dan Indone...

- Nabhan Zein -

Facebook

Twitter