Pencarian

+

Pelatihan Public Speaking Bersama Heppy Chandra

  • HOME
  • Artikel
  • Pelatihan Public Speaking Bersama Heppy Chandra
Pelatihan Public Speaking Bersama Heppy Chandra
Pelatihan Public Speaking Bersama Heppy Chandra

Prupuk – (Kamis, 8/3) Darul Mujahadah mengadakan pelatihan Public Speaking bersama Heppy Chandrayana, M.I.Kom. Pelatihan public speaking yang mengusung tema “Menjadi Pembicara Berkarakter dan Profesional” ini diikuti oleh seluruh santri dan dewan guru TMI Darul Mujahadah.

Bertempat di Aula Darul Mujahadah acara diawali dengan lantunan ayat-ayat Al-Qur’an yang dikumandangkan oleh santri kelas 6 TMI, Felix Azmi Al-Amin. Dilanjutkan dengan sambutan dari pesantren yang diwakili oleh ustadz Imam Bukhori, S.H.I. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dalam menyampaikan materi seseorang harus mengetahui metode yang tepat. Karena sebagus apapun ide, pendapat, materi suatu pidato jika tidak disampaikan dengan cara yang baik, tentu pesannya tidak bisa diserap dengan baik pula oleh pendengarnya.

الطريقة أهم من المادّة” bahwa cara, metode itu lebih penting dari materi atau isi itu sendiri.  Sebagus apapun isi pidato, materi ceramah, materi pembelajaran di kelas jika tidak disampaikan dengan cara yang baik, tentu tidak bisa dimengerti dengan baik pula oleh pendengarnya, jelasnya dalam sambutan.

Saat sesi pertama dibuka antusiasme para santri sudah tampak dari interaktifnya mereka dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ust Heppy Chandra. Riuh tepuk tangan dari para hadirin menambah semangat kegiatan tersebut. Sehingga para para santri tidak ada yang megantuk, merasa bosan. Semua mata tertuju pada satu pembica di depan.

img-1520563167.jpg

img-1520562829.jpg

img-1520562948.jpg

Dalam sesi ini berbagai metode public speaking yang benar disampaikan. Diantaranya adalah bagaimana memegang mikrofon yang benar saat menjadi pembicara, bagaimana memperkenalkan diri yang baik agar tidak mubadzir kata dan bagaimana bahasa tubuh yang benar agar nyaman dan berkesan dilihat oleh para hadirin. Dijelaskan juga bahwa menjadi pembicara yang baik dan berkarakter harus memiliki prinsip “berbicaralah yang penting, jangan yang penting bicara”. Menjadi pembicara tidak sekedar memuaskan pendengarnya, tapi menjadi pembicara yang berkesan bagi siapa saja yang mendengarkan dan melihatnya.

Dalam sesi kedua disampaikan materi bahwa menjadi pembicara yang berkarakter dan professional harus memiliki tiga prinsip yaitu mind, heart dan spirit. Mind; pembicara yang hebat harus memikirkan apa yang harus disampaikan sehingga tidak asal keluar dari mulutnya. Heart; pembicara yang berkarakter akan berbicara ikhlas dari hatinya, antara mulut dan hatinya satu frekuensi. Sehingga apa yang disampaikannya akan mudah diikuti oleh pendengarnya. Spirit; seorang pembicara yang hebat akan berbicara dengan semangatnya sehingga pendengar pun akan semangat mendengarkan pembicaraannya.

img-1520563020.jpg

Perlu diketahui bahwa Heppy Chandra, pria Kelahiran Tasikmalaya ini adalah sosok Trainer dan Motivator dan MC kenegaraan atau Program Hiburan di Indonesia. Alumni Pesantren Modern Gontor Ponorogo tahun 2001 yang memperoleh feel panggungnya setelah menjadi MC sebanyak 45 rangkaian kegiatan 80 Tahun Gontor. Beliau terkenal dan juga ikon Indonesian Voice Over atau dubber di beberapa film dan iklan produk nasional di Televisi. Dan sekarang beliau dapat amanah untuk menjadi Trainer of Public Speaking and Broadcasting sebagai buah karya kebersamaannya dalam mengenyam ilmu dengan Tantowi Yahya Public Speaking School di Jakarta. Heppy Chandra yang kerap disapa di radio dengan nama Mr. Chandra, dikenal masyarakat luas adalah sebagai MC Rina Gunawan Wedding Organizer (Artis Indonesia) serta Pembawa acara Deklarasi Capres Cawapres dan kunjungan kedubes timur tengah - konfrensi Asia Pasifik di Hotel Borobudur Jakarta. saat dirinya bertugas sebagai MC dengan Effendi Ghazali Pakar komunikasi Indonesia.

img-1520563042.jpg

img-1520563060.jpg

Acara selesai pukul 12.15 WIB dengan masih bersemangatnya para santri untuk mengikuti pelatihan tersebut. Acarapun diakhiri dengan sesi foto bersama dengan dewan guru dan panitia kelas 4 dan kelas 5 TMI. Semoga materi pelatihan yang disampaikan dapat diterima dan diterapkan dengan baik oleh para santri. (NZ)

Komentar
  1. Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar

Profil
Profil Darul Mujahadah

Darul Mujahadah berdiri di atas dan untuk semua golongan Islam. Sebagai milik ummat akan mengabdi untuk kejayaan Islam dan negara Indonesia.

Kategori
Artikel Populer
Video
Event Terdekat
30
Tanggal
Sep
Bulan
2018
Tahun

Ruqyah Massal

Testimonial

Facebook

Twitter