Pencarian

+

Menjadi Guru Berkarakter Melalui Amaliyah Tadris

  • HOME
  • Artikel
  • Menjadi Guru Berkarakter Melalui Amaliyah Tadris
Menjadi Guru Berkarakter Melalui Amaliyah Tadris
Menjadi Guru Berkarakter Melalui Amaliyah Tadris

DARULMUJAHADAH.COM -- Salah satu program Ponpes Darul Mujahadah untuk santri kelas 6 TMI (Kelas XII MA) adalah amaliyatut tadris atau praktik mengajar. Kegiatan tersebut telah terlaksana mulai tanggal 6 - 10 Januari 2019 yang diikuti sebanyak lima puluh santri kelas 6 TMI.

Dalam kegiatan itu para santri diwajibkan untuk mengajar mata pelajaran dan kelas yang sudah ditentukan. Menjadi hal baru bagi mereka mengajarkan materi di kelas menggunakan bahasa Arab dan Inggris sebagai pengantarnya dan harus mengikuti langkah-langkah yang sesuai mapelnya.

Peserta amaliyah tadris sedang menerangkan materi ajarnya

img-1551281207.jpg

Mengajar mapel Muthola'ah akan berbeda langkah-langkahnya dengan mapel Khat atau 'Imla. Metode pengajaran menjadi hal penting dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Sederhana apapun materinya akan menjadi menarik apabila diajarkan dengan metode dan langkah-langkah yang tepat. Sehingga benarlah pernyataan bahwa "at thoriiqotu ahammu minal maaddah".

img-1551281237.jpg

Terbagi dalam 8 kelompok dengan musyrif yang membimbing dalam pembuatan i'dad sekaligus mengevaluasi kegiatan mengajar mereka di kelas. Kritikan dan masukan disampaikan rekan-rekan dalam kelompoknya di bawah bimbingan musyrif dalam kegiatan naqd.

img-1551281293.jpg

img-1551281323.jpg

Sebelumnya mereka telah diberi pembekalan saat menjelang liburan semester sekaligus membuat I'dad (RPP) sesuai dengan mata pelajaran yang akan diajarkan di kelas. Dengan persiapan yang matang dan baik akan kelak mereka akan menjadi pendidik atau guru yang berkarakter dan menjadi contoh untuk para muridnya. (Nz)

Komentar
  1. Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar

Profil
Profil Darul Mujahadah

Darul Mujahadah berdiri di atas dan untuk semua golongan. Sebagai milik ummat, Darul Mujahadah berjuang untuk kejayaan Islam, mengabdi untuk agama, nusa dan bangsa.

Kategori
Artikel Populer
Video
Event Terdekat
05
Tanggal
Nov
Bulan
2019
Tahun

Simulasi I UNBK 2020

Testimonial

Facebook

Twitter