Mengenang Masa Nyantri Melalui Ujian Pondok

Mengenang Masa Nyantri Melalui Ujian Pondok

Darul Mujahadah – Pagi yang cerah itu disambut dengan senang oleh para santri. Sinar mentari nan sejuk khas pagi hari menyapa mereka dengan hangat. Pagi itu masih menunjukkan pukul 06.30 WIB. Terdengar dari sudut-sudut tempat suara mereka menghafalkan kalimat-kalimat yang dulu pernah diperoleh saat awal masuk pesantren.

 Terdengar suara “Man jadda wajada”, “Man shobaro zhofiro” dan berbagai kalimat lainnya yang terucap dari mulut mereka. Adapula yang sedang memegang mushaf Al-Qur’an sembari melantunkan ayat-ayat yang mereka hafalkan dengan suara yang indah nan merdu. Di sudut yang lain ada yang sedang mengucapkan kalimat berbahasa Inggris dengan fasihnya. Mengulang semua materi tentang kebahasaan lengkap dengan contohnya. Materi pelajaran tersebut mengingatkan mereka masa-masa awal masuk pesantren.

Gambaran aktifitas di atas adalah suasana para santri kelas 6 (akhir) TMI Darul  Mujahadah yang sedang menghadapi Ujian Pondok. Pada hari ini, Senin (24/4) merupakan awal dimulainya Ujian Lisan materi kepondokan. Ujian Pondok dilaksanakan dengan dua sesi, yaitu Ujian Lisan dan Ujian Tulis. Selama empat hari ke depan Ujian Lisan akan dilaksanakan dengan materi yang terbagi ke dalam tiga kelompok materi. Kelompok Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Al-Qur’an dan Ibadah Amaliyah. Selanjutnya Ujian Tulis akan dilaksanakan selama 8 hari mulai tanggal 30 April s/d 8 Mei 2017.

img-1519623640.jpg

Ujian Pondok tahun ini diikuti oleh 55 santri akhir TMI dengan rincian 12 santri putra dan 43 santri putri. Sebagai informasi Ujian Pondok ini dilaksanakan setelah mereka mengikuti Ujian Nasional yang telah diadakan tanggal 10 s/d 13 April 2017 lalu. Hasil dari Ujian Pondok inilah yang akan dimumukan dalam acara Haflatul Ikhtitam yang in syaa Allah akan dilaksanakan tanggal 11 Mei 2017 mendatang. (NZ)


Bagikan Post


Komentar

    Belum Ada Komentar


Tambahkan Komentar

Profil
Kategori
Event Terdekat

Tidak Ada Event Terdekat

Testimonial

Pengalaman mengenyam pendidikan di Ponpes DM tdk akan pernah saya lupakan seumur hidup. Pendidikan ...

- Ceria Falah -

Bagus sekali, gurunya baik-baik, pengajarnya berkompeten. Terima kasih MA Darul Mujahadah....

- Sunarto -

Bersyukur telah mengenal Darul Mujahadah. Semoga bisa turut mengabdi untuk kemajuan Islam dan Indone...

- Nabhan Zein -

Facebook

Twitter