Pencarian

+

Kajian Kitab Kuning Ushfuriyah dan Tanqihul Qaul

  • HOME
  • Artikel
  • Kajian Kitab Kuning Ushfuriyah dan Tanqihul Qaul
Kajian Kitab Kuning Ushfuriyah dan Tanqihul Qaul
Kajian Kitab Kuning Ushfuriyah dan Tanqihul Qaul

Darul Mujahadah – Untuk menambah wawasan keagamaan bagi para santri, Pesantren Darul Mujahadah mengadakan kajian kitab kuning yang dilaksanakan setiap hari Selasa malam Rabu. Adapun kitab yang dibahas saat ini adalah Kitab ‘Ushfuriyah karya Syekh Muhammad bin Abu Bakr al-Ushfury dan Kitab Tanqihul Qaul karya Syekh Nawawi Al-Bantani.

Pengajian kitab kuning ini dilaksanakan di masjid Abu Bakar setiap ba’da Maghrib malam Rabu dan wajib diikuti oleh seluruh santri baik putra maupun putri. Sebagai pengajar dalam kajian ini adalah Ust. Muhammad Nahrawi, S.Ag, salah satu staf guru Pondok Pesantren Darul Mujahadah. Santri yang diwajibkan memiliki kedua kitab tersebut adalah santri kelas 4, 5 dan 6 TMI. Hal ini agar mereka bisa belajar dan mempelajari langsung kitab-kitab karya para ulama salafus shalih dan selain itu mereka juga mempelajari tata Bahasa Arab yang digunakan kitab tersebut.

Kitab ‘Ushfuriyah memang banyak dikaji di berbagai pesantren salaf. Bahkan ada yang menjadikannya sebagai kitab pelajaran madrasah. Sebagian lagi menjadikannya sebagai kitab kajian harian, ada juga yang mengkajinya hanya pada bulan Ramadan dalam paket pengajian kilatan.

img-1519623931.jpg

Pola penyusunan dan koleksi Hadis-hadis berjumlah 40 hadis sendiri merupakan tren bagi sebagian ulama salaf. Misalnya Imam an-Nawawi yang punya hadis Arba’in. Mereka terinspirasi oleh hadis Rasulullah Saw. yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Ra., bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang menghafal dari umatku 40 hadis tentang perkara agamanya, maka Allah akan membangkitkannya di hari kiamat nanti bersama golongan para fuqaha dan ulama”.

Meskipun para ahli Hadis menilai hadis tersebut daif, namun sebagaimana ijmak ulama, hadis daif masih bisa digunakan sebagai landasan dalam fadhailul a’mal (tambahan keutamaan amaliah).

Kitab Tanhiqul Qaul fi Syarhil Lubabul Hadis, karya agung Allamah asy-Syeikh bin Umar an-Nawawi Al Bantany ra. Sedangkan Kitab Luhabul Hadis dtulis oleh al Allamah al Imam Jalaluddin as Suyuthi ra.  Kitab ini membahas berbagai amalan fardhu maupun sunnah, baik yang menyanngkut ibadah maupun amalan utama serta adab yang harus dikerjakan olehh setiap individu muslim clan muslimat. Pengarangnya membagi isinya menjadi empat puluh bab, yang dimulai dcngan bab keutamaan ilmu dan para ulama, Serta diakhiri dengan bab tentang bab keutamaan sabar dikala mendapat musibah. 

Kitab ini menjadi bacaan dan sebagai panduan wajib bagi para muslimin dan muslimat yang ingin meningkatkan pengetahuan serta pengamalan agamanya, guna memperoleh ridha Allah SWT. Semoga dapat mengambil manfaat yang terkandung di dalamnya sebanyak mungkin, sehingga dapat meningkatkan keimanan serta ketakwaannya kepada Allah SWT. (NZ)

Komentar
  1. Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar

Profil
Profil Darul Mujahadah

Darul Mujahadah berdiri di atas dan untuk semua golongan Islam. Sebagai milik ummat akan mengabdi untuk kejayaan Islam dan negara Indonesia.

Kategori
Artikel Populer
Video
Event Terdekat
Tidak Ada Event Terdekat

Testimonial

Facebook

Twitter