Pencarian

+

Haflatul Ikhtitam Alumni XIX; Lulusan Diharapkan Menjadi Mutiara di Masyarakat

  • HOME
  • Artikel
  • Haflatul Ikhtitam Alumni XIX; Lulusan Diharapkan Menjadi Mutiara di Masyarakat
Haflatul Ikhtitam Alumni XIX; Lulusan Diharapkan Menjadi Mutiara di Masyarakat
Haflatul Ikhtitam Alumni XIX; Lulusan Diharapkan Menjadi Mutiara di Masyarakat

Darul Mujahadah – Haflatul Ikhtitam dan pelepasan santriwan-santriwati  kelas 6 TMI (Kelas XII MA) Darul Mujahadah Prupuk Utara Margasari Tegal digelar di gedung aula pertemuan pesantren pada hari Kamis, 11 Mei 2017. Haflatul Ikhtitam angkatan ke-19 ini berlangsung khidmat dan meriah, namun tetap sederhana. 

Dihadiri oleh Pimpinn pondok sekaligus direktur TMI Drs. KH. Asrori Muhtarom, ketua Yayasan Bpk. H. Hisyam Adnan, pengurus yayasan, Bpk. H. Ali Ma’muri dan H. Mudhofar, pembina yayasan H. Moh. Sayidi, dewan asatidz TMI Darul Mujahadah, wali santri kelas 6 TMI dan seluruh santri kelas 1 – 5 TMI. Juga turut hadir dalam acara tersebut para alumni dari angkatan sebelumnya.

img-1519629106.jpg

Acara Haflatul Ikhtitam diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan menyanyikan Hymne Oh Pondokku dan Mars Darul Mujahadah oleh santriwan dan santriwati kelas 5 TMI yang sekaligus panitia kegiatan ini. Dilanjutkan dengan sambutan dari panitia, sambutan perwakilan adik kelas dan sambutan yang disampaikan oleh perwakilan kelas 6 sebagai calon alumni 19, Dimas Satya Pratama santri dari Bojong Kab. Tegal. Dilanjut dengan persembahan lagu perpisahan oleh santriwan kelas 5 TMI untuk calon alumni.

img-1519629011.jpg


img-1519629018.jpg

Selanjutnya sambutan dari perwakilan wali santri kelas 6 yang disampaikan oleh Ust. Nur Faozan, Lc wali dari santri Muthi’ah Sabilal Wutsqo dari Majalengka, Jawa Barat. Rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada pengasuh pesantren dan dewan asatidz beliau sampaikan. Juga harapan besar dari wali santri adalah agar para santri alumni menjadi bintang yang selalu bersinar di masyarakat sepulang dari pesantren. “Yang putra pulang dari pesantren menjadi bintang di daerahnya masing-masing. Saat dengar adzan Subuh langsung menuju ke masjid/musholla bukannya malah asyik tidur nyenyak”, pesannya. “Yang putri jangan sampai lepas jilbab karena merasa telah bebas dari pesantren”, tambahnya untuk para alumni putri. Beliau juga mengingatkan kepada para orang tua agar memperbaharui niat menyekolahkan putra-putrinya di pesantren atau di lembaga pendidikan selanjutnya. Yakni niat agar putra-putrinya bisa memahami ilmu-ilmu agama bukan semata-mata mengejar hal yang sifatnya keduniawian.

Pembacaan Surat Keputusan Direktur TMI tentang kelulusan ujian akhir TMI dilaksanakan setelah penampilan lagu perpisahan oleh santriwan dan santriwati kelas 5 TMI. Hasil ujian akhir TMI dibacakan oleh Ust. Akhmad Tefuri, S.Pd.I selaku Kurikulum Pesantren. Dari 55 santri peserta ujian, diputuskan bahwa lulus dengan predikat Mumtaz 2 santri, Jayyid Jidda 12 santri, Jayyid 11 santri, Maqbul 24 santri dan lulus dengan predikat Rosib 5 santri. Prosesi wisuda dengan pengalungan samir dan pemberian ijazah kepada 55 wisudawan-wisudawati dilaksanakan langsung oleh pimpinan pesantren sekaligus direktur TMI Drs. KH. Asrori Muhtarom. Acara dilanjutkan dengan penghargaan kepada alumni terbaik/mumtaz yaitu Syahida Aflakha dari Adiwerna Tegal, Anis Nadhifatuz Zulfa dari Sumurpanggang Tegal dan Muthi’ah Sabilal Wutsqo dari Majalengka, Jawa Barat. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ikrar alumni secara bersama oleh seluruh Alumni 19.

img-1519629038.jpg

img-1519629056.jpg

Sebelum acara penutupan, disuguhkan penampilan kesenian oleh santriwati kelas 1 dan 2 TMI dengan lantunan lagu jasa guru, lagu ibu dan tarian melayu. Selanjutnya pemberian kenang-kenangan kepada pimpinan pondok, kepala madrasah dan wali kelas 6. Juga pemberian kenang-kenangan alumni 19 kepada pondok pesantren berupa kursi lipat dan plang neon box pesantren untuk dipasang di jalan raya.

Pada tahun 2017 ini MA Darul Mujahadah menempati peringkat pertama mapel Bhs. Indonesia, Bhs, Inggris dan Matematika pada Ujian Nasional (UN) se-Kabupaten Tegal untuk program studi IPA. Juga menempati peringkat pertama mapel Matematika pada hasil UN se-Kabupaten Tegal untuk program studi IPS. Prestasi ini bisa dikatakan naik, jika dibandingkan tahun lalu. Semoga selanjutnya bias ditingkatkan kembali. (NZ)

Komentar
  1. Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar

Profil
Profil Darul Mujahadah

Darul Mujahadah berdiri di atas dan untuk semua golongan Islam. Sebagai milik ummat akan mengabdi untuk kejayaan Islam dan negara Indonesia.

Kategori
Artikel Populer
Video
Event Terdekat
30
Tanggal
Sep
Bulan
2018
Tahun

Ruqyah Massal

Testimonial

Facebook

Twitter