Darul Mujahadah Manfaatkan CBT E-learning Kemenag dalam PAT

PRUPUK - Dalam masa pandemi covid-19, hampir semua lembaga pendidikan tak terkecuali pondok pesantren memulangkan para santrinya. Begitu juga Ponpes Darul Mujahadah Tegal mulai akhir Maret 2020 yang lalu, secara resmi memulangkan semua santri untuk belajar bersama orang tua di rumah. Dalam masa belajar dari rumah, para santri diberi tugas baik berupa latihan soal ataupun tugas lainnya berupa materi pelajaran.

Untuk memudahkan komunikasi jarak jauh dengan siswa di rumah, para guru memberikan tugas yang disampaikan melalui website pesantren, melalui aplikasi whatsapp dan juga aplikasi E-learning yang dirilis oleh Kementerian Agama RI. Bersama Tim HD Elearning, Ponpes Darul Mujahadah menyiapkan web elearning yang sudah di-online-kan sehingga para guru dan santri dapat menggunakannya dari rumah. Untuk memudahkan manajemen aplikasi, web elearning dibuat untuk masing-masing Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

Selama masa pandemi covid-19, para guru memanfaatkan aplikiasi e-learning dengan bersama-sama memperlajari semua fitur yang tersedia. Begitu juga dalam pelaksanaan Penialaian Akhir Tahun 2019/2021 ini, aplikasi e-learning menjadi sangat bermaanfaat untuk ujian berbasis komputer atau CBT. Ujian ini dapat dikerjakan menggunakan Hp Andoid, PC ataupun laptop. Dengan ujian CBT para guru terbantu dalam pengolahan nilai karena sudah terekam otomatis dalam aplikasi. Para santri juga terbantu dalam kemudahan menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru. Di sisi lain, pemanfaatan teknologi yang positif bagi siswa dalam mengerjakan ujian.

Harapan besar, kegiatan PAT ini dapat berjalan dengan lancar dan kendala teknis yang berhubungan dengan pelaksanaan PAT di rumah bisa diatasi dengan baik. (nz)


Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar