Pencarian

+

Ada Apa Usai Sholat Maghrib di Darul Mujahadah?

  • HOME
  • Artikel
  • Ada Apa Usai Sholat Maghrib di Darul Mujahadah?
Ada Apa Usai Sholat Maghrib di Darul Mujahadah?
Ada Apa Usai Sholat Maghrib di Darul Mujahadah?

Darul Mujahadah - Bagi santri Darul Mujahadah sudah menjadi hal yang biasa usai sholat Maghrib di Masjid Abu Bakar Ponpes Darul Mujahadah melihat dan mendengarkan pengumuman dari salah satu santri. Namun mungkin menjadi hal berbeda bagi tamu atau wali santri yang ikut sholat berjamaah Maghrib di sini. 

Ya ... karena setiap ba'da Maghrib salah satu santri dari Bagian Bahasa akan membacakan pengumuman berbahasa resmi, Arab dan Inggris. 

Pengumuman tersebut berisi tentang jadwal harisul ma'had atau petugas penjaga dan kebersihan pondok. Petugas tersebut terdiri dari beberapa santri yang berasal dari kelas 1 TMI sampai kelas 5 TMI. 

Pengumuman tersebut juga berisi tentang petugas muadzin sholat lima waktu dan pembaca Qur'an sebelum Maghrib dan ba'da Shubuh. 

Selain informasi di atas pengumuman itu juga berisi tentang pemanggilan santri yang melakukan pelanggaran disiplin. Baik disiplin beribadah, displin berbahasa, disiplin kebersihan dan lainnya.

Santri yang dipanggil diharuskan untuk datang ke mahkamah sesuai dengan pelanggarannya. Kemudian mereka akan memperoleh sanksi yang bermanfaat seperti menghafal kosakata, doa'-do'a dan surat-surat pendek, menyapu, mengepel serta membersihkan lingkungan sekitar asrama. 

Semua itu adalah salah satu bentuk pendidikan yang ditanamkan di pesantren. Siapa yang melaksanakan peraturan akan memperoleh reward atau penghargaan. Dan bagi yang tidak mengindahkan kedisiplinan akan memperoleh punishment atau sanksi.

Dengan demikian kedisiplinan akan berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan yang ada.

Setelah pengumuman para santri tilawah Qur'an selama kurang lebih 15 menit dan kembali ke asrama untuk makan malam. (NZ)

Komentar
  1. Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar

Profil
Profil Darul Mujahadah

Darul Mujahadah berdiri di atas dan untuk semua golongan Islam. Sebagai milik ummat akan mengabdi untuk kejayaan Islam dan negara Indonesia.

Kategori
Artikel Populer
Video
Event Terdekat
30
Tanggal
Sep
Bulan
2018
Tahun

Ruqyah Massal

Testimonial

Facebook

Twitter